Wednesday, January 11, 2012

Android Glossary

ROOT

Apa itu root? root adalah proses untuk merubah privilage dari user biasa menjadi superuser / dengan kata lain layaknya menjadi seorang administaror dalam os windows. Rooting sebenarnya di pergunakan dalam istilah linux, yang bertujuan mendapatkan hak penuh dalam sebuah OS, jadi nantinya kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan setelah mendapat hak ini (dalam hal software).
Keuntungan root :
- memungkinkan untuk diinstal app2sd.
- bisa membuat custom theme.
- bisa memakai aplikasi2 yang membutuhkan privilage akses (hak askses root device).
Note: root tidak merubah tampilan, root tidak membuat device menjadi lebih cepat, root tidak serta merta membuat device menjadi stabil, mengurangi memory internal, membebaskan ram atau lainnya.

APP2SD

App2SD sebenarnya sebuah fiture native pada sytem operasi android 2.2 (froyo). App2SD mengizinkan pengguna menyimpan beberapa aplikasinya ke dalam SDcard. Namun fitur ini memiliki limitasi pada froyo, yakni app2sd dapat diimplementasikan apabila memang aplikasi yang kita unduh tersebut mengizinkan untuk di install ke dalam sdcard.

FLASHING & FIRMWARE

Flashing secara umumnya adalah penggantian versi firmware, bisa downgrade ato upgrade tergantung ketersedian firmware itu sendiri. Firmware sendiri dapat dikatakan sebagai versi dari operating system. Flashing Hanya dilakukan untuk advance user.

OVERCLOCK

membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya peripheral computer yang dioveclock. Overclock biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk "memaksa" periferal komputer bekerja diatas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer.

Perangkat PC yang di-overclock sama saja dengan dipaksa melebihi kemampuan aslinya. Namun, overclock PC ini, selain membuat perangkat sistem menjadi tak stabil, dapat membuat kerusakan pada perangkat keras, terutama Mainboard, RAM, dan Prosesor.

Untungnya sekarang banyak perangkat keras yang dibuat dengan fabrikasi yang sudah handal untuk keperluan overclock, sehingga apabila dengan wawasan pengertian dan pengalaman overclock, itu kerusakan pada saat overclock dapat diminimaliasi.

Refference: wikipedia indonesia



source from kaskus droid


tambahan dari om Ikhsan Elendey


FLASH / FLASHING = suatu proses yang dilakukan untuk mengisi atau meng update ROM

ROOT = superuser, kalau di Windows administrator

NGE-ROOT = proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root

ROM = Read Only Memory, fungsinya sama dengan Hard Disk yang ada di komputer

RAM = Random Access Memory, fungsinya sama dengan RAM/Memory yang ada di komputer

EXT2 = filesystem yang digunakan oleh Linux Kernel, itu seperti FAT, FAT32 di windows

GUI = Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic

BRICK = Kondisi dimana Device android tidak dapat digunakan lagi, akibat kesalahan ketika flashing Firmware atau karena kerusakan fisik

BRICKED = Kondisi dmana device sudah tidak bisa di-recover,sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick) yg dapat digunakanuntuk ngelempar maling (kalau dbutuhkan)

AOSP = Android Open Source Project

MULTITOUCH = Sebuah fitur touchscreen yang memungkinkan layar dapat menangkap lebih dari satu input sentuhan.

KERNEL = Pengelolaan semua system driver dan sistem I / O, sehingga mereka dapat berinteraksi satu sama lain

BOOT = Proses menghidupkan handheld

BOOTLOADER = gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device

BOOTLOADER MODE - FASTBOOT LOAD = Tombol Camera + Power, pada mode

BOOTLOOP = kondisi dimana HH anda tidak bisa masuk ke OS dan hanya bisa sampai ke logo.

APK = Android Package, kyk IPA di iPhone (buat pngguna iPhone), SIS di Symbian s60 (ga tau sih skrg masih sis ap ngga), atau JAR di BB(buat pengguna BB) dan Java Based Devices lainnya.. Intinya file2 dengan ekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di android device.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host